Fungsi

MELAKUKAN UPAYA PENCEGAHAN/ DRUG DEMAND REDUCTION

1. PENCEGAHAN PRIMER:

TAHU – MAU – MAMPU SAY NO TO DRUG, PRESTASI & KREASI TANPA NARKOBA. Meningkatkan Ketahanan diri (LifeSkills) dan Keluarga (Parenting Skills) melalui pelaksanaan 8 Fungsi Keluarga: Fungsi Agama, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Reproduksi, Fungsi Perlindungan, Fungsi Sosial, Fungsi Ekonomi, Fungsi Pendidikan, Fungsi Lingkungan.

2. PENCEGAHAN SEKUNDER:

DETOKSIFIKASI –> REHABILITASI, BERPERAN SEBAGAI IPWL / Institusi Penerima Wajib Lapor untuk diteruskan kepada ahlinya. Sosialisasi IPWL/ Institusi Penerima Wajib Lapor dimana setiap orang dan atau orang tua yang mengetahui seseorang atau putra putrinya kecanduan, wajib melaporkan kepada Institusi yang ditunjuk untuk mendapat detoxifikasi dan rehabilitasi. IPWL ditetapkan oleh pemerintah.

3. PENCEGAHAN TERTIER:

POST REHABILITASI -> AFTER CARE –>AGAR TETAP BERKARYA dan PENDAMPINGAN KELUARGA / Family Support Group. Setelah keluar dari panti rehabilitasi, mereka harus tetap mendapat pendampingan baik dari keluarga maupun dari masyarakat sebab pada mereka masih ada stigma disebut “mantan pecandu “yang terus melekat walau sudah selesai rehabilitasi. Kerawanan masih tetap pada diri mereka yang baru selesai di rehabilitasi dan masih memerlukan pendampingan dan pencegahan agar tidak kembalimenjadi kecanduan.